Skip Navigation Links
Home
Paket E-book
Toko online
Layanan
Forum
Panduan
E-book
Testimoni
Faq
Tentang
Donasi

Skip Navigation Links.
Expand ArtikelArtikel
Expand Basis Data - DatabaseBasis Data - Database
Expand Pemrograman GrafisPemrograman Grafis
Expand E-Book TutorialE-Book Tutorial
Expand Video Kursus - TutorialVideo Kursus - Tutorial
Expand Software - Open Source codeSoftware - Open Source code
Expand Windows SystemWindows System
Expand Network ProgrammingNetwork Programming
Expand Bisnis ProsesBisnis Proses
Expand XBasicFrameworkXBasicFramework
Expand Pengen Jadi Programmer..!Pengen Jadi Programmer..!
Expand Quick BasicQuick Basic


Software gratis! Open Source Code


Hartoto

Buat Lencana Anda



Skip Navigation LinksMENU>Pengen Jadi Programmer..!>Berbagi Pengalaman>Pengen jadi Programmer bgn. III

Motivasi Jadi Programmer

 

Seorang mahasiswa yang terinspirasi dengan system operasi MS-DOS selalu membawa buku BASIC walaupun dia kuliah di Fakultas Pertanian USU. Sepertinya memang nggak nyambung nih orang kuliahnya dengan buku yang selalu di bawa-bawanya. Bukunya agak tipis berwana hijau ada tulisan BASIC.

Tapi nyambung juga sedikit di lab komputer kampus ada praktikum komputer. Wordstar. Waktu ujian akhir Abang Asisten Komputer bikin soal bisa berwarna-warni hurufnya berjalan-jalan dan bersuara. Wah mantap juga nih komputer bisa bikin begini. Selidik punya selidik eh rupanya program itu dibuat dari BASIC. Keren.

Teman mahasiswa juga nanya-nanya ini kuliahnya pertanian tiap hari bawa-bawa buku kode-kode komputer. Hasrat mau bisa bikin program memang tidak terbendung lagi. Apa pun komentar orang yang penting asik. Lanjut terus bawa buku BASIC ke kampus.
 
Hem memang pucuk dicinta ulam pun tiba tawaran jadi Asisten Lab komputer pun datang. Mahasiswa ini tentu saja tidak menolak bahkan itu yang diidam-idamkannya. Tidak berselang lama jadi Asisten Koordinator yang ngurusin lab komputer di kampus sekalian jadi Asisten Dosen. Sip nih bergengsi juga. Bisa ngajar mahasiswa ekstension yang mau S2. Mantap nih kerjaan.

Rumah Kos pun nggak dihabiskan olehnya. Karena dia pernah mendemokan kecanggihan MS-DOS di rental dekat tempat kost nya. Si pemilik rental komputer langsung bilang udah kau tinggal di sini aja digaji pulak lagi kerjamu cuma perbaiki sistem yang nggak jalan. Alhamdulillah dah nggak bayar kos digaji pulak lagi.

Klo soal memperbaiki komputer dengan sistem operasi DOS yah sudah sering diperbaiki punya teman-temannya. Maklum waktu itu semua perintah DOS versi 6.0 sudah hafal dan sering dipraktekkan. Banya pulak yang mau bayarin klo dah bagus DOS nya.

Kita back to  BASIC! (program  BASIC maksudnya) si Mahasiswa.
Yang jadi pertanyaan sekarang gimana bikin program yang mantep seperti yang dibuat abang asisten lab itu? Wah ketik aja kode yang ada di buku itu. Biasa mo lihat hasilnya aja ketiklah semua kode-kodenya. Sudah selesai diketik ternyata banyak komentar "syntax error" ulangi lagi lihat-lihat kodenya salah ketik nggak. Nggak sabar nih soalnya yang diketik program ZODIAK. Pusing arti kode nggak tau programnya nggak jalan. Tinggalin ah.

Berbulan-bulan ninggalin BASIC karena pusing nggak ngerti-ngerti tapi ada rasa penasaran kok nggak bisa-bisa? Padalah klo bisa pasti asik.
Waktu itu emang si mahasiswa ini nggak pernah ngapel malam minggu karena di kampus selalu banyak tugas-tugas lab. Jadi ngerjain tugas aja sambil belajar komputer. Di komputer itu ada MS-DOS dan program bawaan QBasic namanya.
Om Bill Gate memang pinter dia kasih QBasic gratis. Jadi bisa baca Help nya sekalian praktekkan di komputer.

Sedikit demi sedikit kode dicoba-coba jalanlah pelan-pelan kodenya. Setelah tau kode sedikit-sedikit beserta arti dan fungsinya si mahasiswa ini mencoba membuat program kecil-kecilan walaupun nggak di bayar. Beli buku ZODIAK (bukan buku prmrograman zodiak). Temukan sendiri idennya, di hayal-hayalkan supaya bahasa buku zodiak tadi bisa jadi Aplikasi zodiak dengan Quick Basic. Ya dari sini lama-lama dia bisa mengerti bagaimana menterjemahkan ide menjadi sebuat aplikasi dengan QBasic.

Bagi nya bisa menuangkan ide ke dalam program dan programnya bisa jalan bisa menghibur orang dia sudah senang.

Jaman DOS dan QBasic segera berganti dengan Windows dan visual basic 6.0 Si Mahasiswa inipun tidak mau ketinggalan dia segera mengupgrade programnya menjadi versi windows.
  
Setelah jaman aplikasi desktop (aplikasi windows) muncullah WEB dengan basis HTML. Eh tidak mau ketingalan juga. Programnyapun di upgrade lagi ke versi web dengan asp dan php.

Teknologi terus berkembang Microsoft mengeluarkan VB.NET dan ASP.NET dalam misinya mengembangkan dot Net. Upgrade lagi ke .NET

Ya hidupnya memang tidak lepas dari pemrograman komputer.
Tahukan Anda?  "Mahasiswa itu adalah SAYA"


Anda bisa lihat Zodiak QBasic di sini,Program Zodiak si Mahasiswa yang versi Desktop (Windows) telah dipaketkannya dengan penjualan E-Book TRIK DASAR BELAJAR VISUAL BASIC 6.0 Lihat program Zodiak versi asp di sini,

:: Klik Suka di FansPage XBasicPro Jika ANDA suka dengan Website ini klik di sini! ::




 Subscribe in a reader


  (C)XBasicPro 2007 - 2014 | Kursus Programmer Online | Software Gratis | Open Source Code |